News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tiap Tahun Pertumubuhan Koperasi di OKU Menurun

Tiap Tahun Pertumubuhan Koperasi di OKU Menurun

BATURAJA, TL-Pertumbuhan jumlah koperasi di Kabupaten akhir-akhir ini sangat sedikit. Itu sejak penerbitan perizinan diambil alih kewenangannya oleh pemerintah pusat. Mulai April 2015 lalu.

"Ada beberapa kelompok yang sudah datang kekami. Berkoordinasi persyaratan mendirikan koperasi. Namun, setelah itu tidak ada kabar lagi," kata Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Dinas Koperasi dan UKM OKU, Suherman.

Dari data yang ada koperasi di OKU pada 2013 sebanyak 341 koperasi. Yang aktif sebanyak 237 koperasi dan tidak aktif 104 koperasi. Kemudian pada 2014 ada 358 koperasi. Yang aktif berjumlah 256 koperasi dan tidak aktif 102 koperasi.

Selanjutnya pada 2015 jumlah koperasi ada di oku berjumlah 372. Yang aktif berjumlah 269 dan tidak aktif 103 koperasi. "Pada 2016 jumlah koperasi ada 378. Yang aktif 270 dan tidak aktif 108," lanjutnya.

Disisi lain rendahnya pertumbuhan jumlah koperasi. Namun, masih juga ditemukan koperasi ilegal atau belum memiliki legalitas dan berbadan hukum. Melihat adanya hal tersebut, pemerintah melakukan arahan.

Tujuannya kelompok yang mengatasnamanakn koperasi tersebut memiliki badan hukum. Namun, jika tetap membandel tak mau mengurus perizinan, maka pemerintah akan menyetop transaksi koperasi ilegal tersebut.

"Kami sudah melakukan kunjungan kepada kelopok tertentu yang mengatas namakan koperasi. Memberikan pemahaman pengelolaan dan legalitas formal jika atributnya koperasi. Ada dua koperasi. Kalau perorangan banyak," tambahnya.

Meski ada dugaan koperasi ilegal, pemerintah belum melakukan tindakan. Sebab, hingga saat ini pemerintah belum menerima aduan masyarakat."Kalau ada laporan kami dalami," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar