News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Produksi Ikan, Disnakan OKU Timur Terapkan Teknologi Bioflok

Tingkatkan Produksi Ikan, Disnakan OKU Timur Terapkan Teknologi Bioflok

MARTAPURA, TL – Banyak cara untuk meningkatkan produksi perikanan. Salah satunya dengan menggunakan teknologi bioflok atau melalui kolam terpal. Rencananya, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten OKU Timur akan menerapkan teknologi ini ke sejumlah petani ikan air tawar di Desa Anyar Kecamatan BP Bangsa Raja.

Kepala Disnakan OKU Timur, Ir Santio mengatakan penggunaan teknologi bioflok untuk pembesaran ikan cukup efektif. Dimana petani tidak perlu membangun kolam dengan harga mahal serta dapat mengontrol kualitas air dengan baik. “Teknologi ini sebenarnya sudah banyak diterapkan oleh petani ikan di sejumlah daerah. Tapi, kami ingin menerapkannya di OKU Timur agar produksi ikan bisa meningkat,” katanya.

Pembesaran ikan dengan teknologi bioflok, sambung Santio bisa diterapkan untuk semua jenis ikan. Seperti ikan lele, mujair, patin serta ikan jenis lainnya. “Uji coba pertama akan dilakukan di Desa Anyar. Sesuai dengan arahan Bupati, pesisir Sungai Komering harus dikembangkan untuk sector perikanan. Jika berhasil akan disebar ke daerah lainnya,” ucapnya.

Santio menuturkan diharapkan penerapan teknologi bioflok dapat meningkatkan hasil panen petani ikan. “Ujung-ujungnya nanti bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengangkat perekonomian di desa tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Camat BP Bangsa Raja, Hermanto SE MM sangat mendukung rencana Disnakan OKU Timur tersebut. Diharapkannya, selain meningkatkan pendapatan masyarakat juga dapat menekan angka pengangguran di desa. “Warga desa tentunya akan antusias menyambut rencana ini. Yang jelas air kita melimpah. Hanya pengelolaan pembesaran ikan saja yang harus diajarkan kepada petani,” pungkasnya. (bb)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar