News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Banyak Guru PNS Ogah ke Pelosok

Banyak Guru PNS Ogah ke Pelosok

BATURAJA, TL -Penyebaran guru PNS di OKU masih belum merata. Jumlah guru PNS di OKU masih banyak menumpuk di Kota Baturaja. Dibandingkan dengan di kecamatan lain.

"Memang jumlah guru PNS belum merata. Yang di pelosok masih kurang. Perbandinganya sekitar 60:40," kata Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan OKU, Dr Drs H Achmad Tarmizi SE MT MSi, Jumat (24/11).

Menurutnya, banyak guru PNS pindah ke kota. Lantaran alasan ingin dekat dengan keluarga. "Rata-rata yang mengajukan pindah ke kota perempuan. Hampir semua alasannya sama (keluarga red)," ungkapnya.

Mengatasi hal tersebut, pihaknya akan melakukan rolling. Memindahkan guru PNS di kota yang sekolahnya sudah terlalu banyak gurunya. "Tujuannya pemerataan guru PNS," sambungnya.

Pemerintah Kabupaten OKU rencananya akan memberikan reward kepada guru PNS di pelosok. Salahsatunya memberikan kesempatan karir.

"Reward tak harus berbentuk uang. Bisa berbentuk jenjang karir. Seperti dipromosikan menjadi kepala sekolah dan lainnya," urainya.

Sementara itu, disinggung masalah perilaku dan kehidupan anak sekarang. Menurutnya anak-anak sekarang hidup di zaman kemajuan informasi. Sehingga pengetahuan lebih luas.

Anak-anak sangat mudah mengakses informasi. Terutama lewat dunia maya. Sehingga guru dituntut bisa mengimbanginya. Bisa mengantisipasi anak murid mengakses hal-hal negatif. Seperti pornografi dan lainnya.

Selain itu, guru ditekankan untuk meningkatkan pembangunan karakter anak. Seperti, banyak menggelar kegiatan ekstrakulikuler yang membina karakter anak lebih baik.

Seperti pramuka dan kegiatan lainnya. Kemudian rutin lakukan kerja bhakti. Mengunjungi panti asuhan dan panti jompo. Mengajak anak-anak menjenguk warga sekitar yang sakit. Serta turut mengantarkan warga yang meninggal dunia ke pemakaman.

"Itu salahsatu pembentukan karakter. Menanamkan jiwa gotong royong, menumbuhkan jiwa sosial dan hormat orang tua. Serta bersosialisasi dengan masyarakat sekitar," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar