News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dua Jembatan Rubuh Akibat Banjir

Dua Jembatan Rubuh Akibat Banjir

MARTAPURA, TOPLENSA.COM - Akibat hujan lebat yang menguyur Kabupaten OKU Timur Kamis (9/11) kemarin,  dua  jembatan yang menghubungkan desa Trikarya  Kecamatan Belitang III  Kabupaten OKU Timur dengan Kampung Baru Mesuji makmur Kabupaten OKI  putus akibat diterjang banjir bandang. Satu jembatan patah ditengah dan satu jembatan pondasi hancur


Akbiat kejadian ini membuat warga setempat tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Bahkan tak sedikit warga menjadi bingung dengan kejadian tersebut sebab jembatan selain digunakan untuk warga membawa hasil pertanian juga untuk anak anak pergi ke sekolah.


Sementara Kepala Dinas PU OKU Timur Ridwan Abu Bakar membenarkan jembatan itu roboh dan pihaknya sudah berkordinasi dengan kades setempat.


"itu jembatan buatan  swadaya masyarakat sejak masih jadi satu kabupten  OKU dulu dan mungkin akibat aliran air yang deras jembatan tersebut roboh .Stap sudah meluncur kelokasi ,"jelas Ridwan kepada koran ini.


Ridwan menjelaskan pihak akan segera melapor dengan bupati untuk mengambil langkah perbaikan atau pembangun jembatan baru.


"Kita kordinasi dulu dengan bupati,yang jelas kita secepatnya melakukan perbaikan agar warga tidak terhalang untuk beraktipitas,"ujarnya.


Sementara Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah OKU Timur Rusman mengatakan pihaknya sudah mengetahui kejadian tersebut dan bersama tim bencana sudah melakukan pemantauan di tenpat lokasi


"Untuk sementara belum ada laporan kalu ada korban jiwa akibat jembatan tersebut pihak kita akan segera melaporkan ke Bupati untuk ditindak lanjuti "pungkasnya Singkat.


Terpisah Kapolres OKU Timur menjelaskan dirinya sudah memperintahkan anggota untuk melakukan penyelidikan dan bantuan bagi warga.


"kita sudah perintahkan anggota kesana untuk membantu warga disana,"jelas Kapolres

Sedangkan Camat Belitang III Abdul Alim menjelaskan akibat banjir tersebut dua jembatan rusak. Dimana kedua jembatan tersebut terletak di Desa Trikarya III, dimana satu jembatan putus ditengah dan satu jembatan lagi pondasinya hancur akibat dihantam banjir

     " kebetulan kali Ijo itu sedang dilakukan normalisasi , nah mungkin debit air yang begitu besar menghantam kedua jembatan yang jaraknya tidak berjauhan,"kata Alim

    Kedua jembatan tersebut dikatakanya  dibangun sekitar 10 tahun yang lalu dengan panjang 12 meter dan lebarnya 3 meter. Dengan rusaknya kedua jembatan tersebut membuat warga Desa Trikarya III kesulitan untuk beraktifitas

    "Ada jalur alternatif namun sangat jauh memutarnya. Dan kondisi ini sudah kita laporkan kepada bupati terkait jembatan hancur ini,"terangnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar