News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

OKU Waspada Puting Beliung

OKU Waspada Puting Beliung

BATURAJA-Masyarakat Kabupaten OKU diminta waspada. Atas ancaman bencana alam puting beliung. Itu seiring prediksi Badan Meteoroligi Klematologi dan Geofisika (BMKG). Bakal terjadi angin kencang bisa mencapai 30 knot  merambah beberapa wilayah di pulau Sumatera. Termasuk di Sumatera Selatan.

"BMKG Sumsel meminta waspada. Sejak 26 November lalu kami terus melakukan pemantauan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Hemny Rusdi, Selasa (28/11).

Derasnya angin yang bakal merambah Sumatera Selatan, lanjutnha berpotensi puting beliung. "Sayangnya BMKG Sumsel, tidak bisa menyebutkan secara spesifik daerah di OKU yang berpotensi tersebut," imbuhnya.

Di OKU, menurutnya puting beliung kecil pernah terjadi. Yakni di pemukiman di Desa Ujan Mas, Pengandonan. Beberapa rumah warga rusak.

Selain itu,  dari kondisi geografis, beberapa daerah potensi terjadi puting beliung. Seperti di kawasan Ulu Ogan. "Daerah tersebut banyak lahan terbuka," jelasnya.

Sementara di daerah lainnya, potensi bencana sangat kecil. Pasalnya, masih banyak kawasan yang memiliki tanaman besar. Kendati demikian, pihaknya meminta warga untuk selalu waspada. "Kalau ada kejadian, bisa langsung menghubungi petugas piket. BPBD standby, " tegasnya.

Berdasarkan pemetaan bencana, di OKU ada beberapa kawasan yang rawan bencana. Seperti banjir, lebih banyak berdampak di Kemelak, Spancar, Baturaja Permai, Sekar Jaya.

Serta Kecamatan Lubuk Batang hingga Kedaton Peninjauam Raya (KPR). "Banjirnya hanya sementara. Kalau banjir besar atau lama di OKU tidak ada. Mudah-mudahan jangan sampai terjadi, " harapnya.


Sedangkan untuk potensi longsor, berpotensi terjadi di kawasan Ulu Ogan. Bahkan, belum lama ini, petugas BPBD OKU memonitoring ke lokasi tersebut. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan camat agar waspada, " pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar