News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gaji Mengemis ini Setara PNS Golongan IV a

Gaji Mengemis ini Setara PNS Golongan IV a

BATURAJA-Pengemis di Kabupaten OKU terus menjamur.  Lantaran hasilnya menjanjikan.  Dalam sebulan peminta-minta tersebut bisa meraup uang Rp4, 5 juta. 

Seperti pengakuan dari salahsatu pengemis yang biasa beroperasi di OKU, Lekat (46). Dirinya dan istrinya,  Santi (38) mampu meraup uang kisaran Rp150 ribu perhari. Ketika beroperasi di Baturaja. 

"Kami beroperasi sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, " kata Lekat, saat diamankan Petugas Polres OKU di Dinas Sosial, Kamis petang (21/12).

Warga OKU Timur tersebut mengatakan,  bukan hanya beroperasi di Baturaja saja.  Dirinya dan pasangannya juga beroperasi di tempat lain.  Seperti,  Martapura, OKU Selatan, Sidodadi Belitang BK IX dan Gumawang BK X. "Tiap hari pindah lokasi. Supaya warga tidak jenuh dengan kami,"  ungkapnya. 

Dia mengaku, profesi mengemia dilakoninya sejak keduanya matanya tidak berfungsi lagi. Status tuna netra disandangnya, sejak 2004 silam. Pasca kecelakaan sepeda motor.

Kabid Trantib SatpolPP OKU, Sofyan mengatakan pihaknya mendapat laporan dari petugas Polres OKU.  Yang berhasil mengamankan empat orang jalanan. 

Yakni,  sepasang pengemis Lekat dan Santi, dan dua anak jalanan berinisial Ba (13) dan If (12). "Kami jemput empat orang ini di perempatan Desa Air Paoh.  Kemudian,  kami bawa ke Dinas Sosial,"  ujarnya. 

Kepala Dinas Sosial OKU, Syaiful Kamal menuturkan, setelah didata, pasutri pengemis dilepas. Namun dua anak jalanan, menunggu penjemputan orangtuanya. 

"Pengemis tadi diarahkan, agar ke Dinas Sosial OKU Timur, supaya mendapat pelatihan. Sehingga, dia punya keterampilan," pungkasnya

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar