News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cerita Menarik dibalik Pepes Tempoyak PALI Yang Menggugah Selera.

Cerita Menarik dibalik Pepes Tempoyak PALI Yang Menggugah Selera.



PALI - Matametro.id.  Pepes Tempoyak, Kuliner khas dari PALI yang satu ini bagi masyarakat PALI dan sekitarnya sudah tidak asing  terdengar, tapi mungkin diantara kita ada yang penasaran jarang mendengarnya atau mungkin belum pernah merasakan kelezatanya makanan satu ini.

Untuk ini awak media mencoba mengulik cerita menarik dibalik kelezatan kuliner khas Pali tersebut, dengan mendatangi langsung salah satu  tempat yang menyediakan menu pepes tempoyak bernama kantin Bu Mimin.

Kepada awak media ibu Mimin (50), Pemilik kantin yang  berada di Jalan Merdeka Lorong Perkim, Kelurahan Handayani Mulia Kabupaten Pali , bersedia membagikan resep rahasianya. Jum'at (04/02/22).


Ia menuturkan " proses pembuatan Pepes Tempoyak tersebut yaitu , jika anda ingin membuat di rumah bisa di coba dengan 0,5 kilo gram ikan yang sudah di bersih kan lalu di potong-potong, kemudian direndam dengan air jeruk nipis,  ikan yang dipilih biasanya ikan baung, ikan nila , atau ikan patin sesuai selera .

" Kemudian untuk bumbunya, kita siapkan 5 buah cabe merah biasa dan cebe rawit, 5 siung bawang merah , beberapa potong kunyit , serai dan daun salam, ditambah tempoyak durian secukupnya , semua bumbu tersebut di giling halus kecuali daun salam yang di potong kecil-kecil, " Ujar Bu Mimin.

Di jelaskannya " Jika semua sudah siap bumbu  tadi dicampurkan dengan Ikan kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu di panggang, dibutuh kan waktu 1 jam proses pemanggangan, dengan api sedang untuk hasil yang baik.

Salah satu pengunjung kantin Nanang (27)  mengatakan , " ia sangat menyukai kuliner khas dari Pali ini, karena sangat lezat, dan masakan seperti ini setiap daerah di Sumatera tentu berada-beda,  jika anda yang belum pernah mencobanya silahkan datang  ke Pali, dijamin pasti ketagihan," pungkasnya, (red).




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar