News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Salurkan Zakat Prajurit, Kodim 0404 Muara Enim Bedah Rumah Warga

Salurkan Zakat Prajurit, Kodim 0404 Muara Enim Bedah Rumah Warga

PRABUMULIH, TL - Program bedah rumah warga miskin yang diusung Komando Distrik Militer 0404 Muara Enim terus berlanjut. Kali ini, program bedah rumah menyasar salah seorang warga di wilayah Komando Rayon Militer 404-08/Rambang Lubai bernama Siti Jamiatun (56), warga Desa Sumber Rahayu Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim.

Dandim 0404 Muara Enim, Letnan Kolonel Inf Teadi Aulia Mula Uji SE, melalui Danramil 404-08/Rambang Lubai, Kapten Inf Resman Sitohang mengatakan program yang dijalankan bukan hanya bertujuan untuk menolong warga yang sedang kesusahan tapi juga menumbuhkan rasa gotong royong antar sesama.

"Sebab, anggaran pembangunan bedah rumah ini bukan hanya berasal dari zakat yang dikumpulkan prajurit Kodim 0404 Muara Enim saja, tapi juga sumbangan sejumlah elemen masyarakat seperti FKPPI, pemerintah desa setempat dan rombongan ibu-ibu pengajian," ujar Resman usai memimpin peletakan batu pertama Bedah Rumah, kemarin (17/7).

Resman mengatakan tak hanya bantuan dana, seluruh elemen juga ikut melakukan proses pembangunan rumah. "Gotong royong bersama anggota kami. Sehingga semangat kebersamaan dan persatuan bisa terus tumbuh dan terjaga," katanya.

Resman menuturkan program penyaluran zakat prajurit untuk dialokasikan membangun rumah warga miskin sudah berlangsung selama 1 tahun 4 bulan atau 2 periode. Jumlah rumah warga miskin yang sudah dibedah sebanyak 16 unit.

"Setiap bulan zakat prajurit disalurkan di setiap wilayah yang ada di masing-masing Koramil. Untuk Kodim 0404 Muara Enim sendiri itu ada 8 Koramil. Pendataannya dilakukan oleh Bhabinsa bekerja sama dengan pemerintah setempat," terangnya.

Selain melakukan kegiatan pembangunan rumah warga, jajaran Koramil 404/08 Rambang Lubay juga menggelar sosialisasi tentang bela negara. "Kami berharap TNI bisa terus tumbuh dan ada di tengah masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Kades Sumber Rahayu, Jumono menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan Kodim 0404 Muara Enim. Menurutnya, program pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh instansi di luar pemerintahan baru digagas oleh TNI bekerjasama dengan FKPPI. "Karena desa kita ini minim perusahaan, jadi belum ada instansi lain yang menggulirkan program bantuan. Baru TNI saja yang melakukannya. Sehingga kami sangat mengapresiasi kegiatan ini," terangnya.

Jumono menjelaskan jumlah masyarakat miskin Desa Sumber Rahayu yang terdata saat ini sebanyak 130 kepala keluarga. "Kalau warga miskin masih banyak yang membutuhkan uluran bantuan. Jika seluruh pihak ikut membantu, tentunya dapat mengurangi beban warga yang sedang kesusahan," pungkasnya. (jun)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar