News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

15 Ribu Anak Miliki KIA

15 Ribu Anak Miliki KIA

MARTAPURA, TL  - Permintaan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten OKU Timur terus meningkat. Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU Timur mencatat sebanyak 15 ribu anak telah memiliki KIA. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten OKU Timur, Sutikman menuturkan warga yang mengajukan permintaan pembuatan KIA setiap bulannya mencapai 1500-2000 kartu. Tingginya permintaan tak lepas dari banyaknya kemudahan dan keuntungan yang didapatkan oleh pemegang kartu. 

"Sejak diluncurkan Oktober 2016 lalu, permintaan pembuatan KIA memang sangat tinggi. Sebab, banyak warga yang sudah merasakan keuntungannya seperti potongan harga berbelanja buku dan pembuatan rekening di bank," ujar Sutikman saat dibincangi di ruang kerjanya. 

Sutikman menuturkan pihaknya terus melakukan berbagai kegiatan sosialisasi kegunaan KIA. Salah satunya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk mensosialisasikan ke siswa sekolah. 

"Sosialisasi juga dilakukan melalui media cetak dan elektronik agar semakin banyak orang tua yang mengetahui manfaat pembuatan KIA," katanya. 

Dikatakannya, melalui berbagai kegiatan sosialisasi tersebut, pihaknya berharap seluruh anak di OKU Timur bisa memiliki KIA. Terlebih lagi, Kabupaten OKU Timur telah menjadi daerah percontohan penerapan program KIA di Indonesia. 

"Kalau bisa seluruh anak baik yang baru lahir maupub yang beranjak dewasa bisa memiliki KIA," terangnya. 

Masih kata Sutikman, prosedur pembuatan KIA tidaklah sulit. Orang tua cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran anak ke kecamatan atau dapat langsung ke kantor Disdukcapil. "Kalau untuk anak berusia diatas 6 tahun, harus melampirkan foto diri untuk tempel di kartu identitas," tuturnya. 

Sementara itu, salah seorang warga Martapura, Sapri (31) mengungkapkan dirinya telah membuat KIA untuk dua anaknya. Berbagai kemudahan telah didapatnya terutama saat pengurusan administrasi kependudukan yang berkaitan dengan anak. "Saya juga bisa membuat tabungan atas nama anak saya. Jadi sejak kecil, mereka sudah memiliki simpanan uang," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar