News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cegah Penyebaran Penyakit Gajah, Warga Peninjauan Disuntik Vaksin

Cegah Penyebaran Penyakit Gajah, Warga Peninjauan Disuntik Vaksin

BATURAJA, TL - Penyakit kaki gajah masih menjadi momok menakutkan bagi warga. Mengantisipasi penyakit tersebut, pihak Kecamatan Peninjauan bakal memberikan vaksin filariasis atau obat pencegahan penyakit gajah secara gratis kepada warganya. 

Camat Peninjauan, Feri Iswan mengatakan ada  27.964 warga Kecamatan Peninjauan yang menjadi sasaran pemberian filariasis. Jumlah tersebut meliputi 11.479 jiwa bagi warga di sekitar  Puskesmas Lubuk Rukam dan sebanyak 16.485 jiwa di Puskesmas Peninjauan.

"Kami sudah melakukan monitoring program pemberian vaksin filariasis ke warga di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Peninjauan," ujar Feri saat dibincangi wartawan di sela kegiatan monitoring, Rabu (4/10).  

Warga yang diberikan vaksin, sambung Feri, berusia antara 2 - 70 tahun. "Monitoring ini dilakukan untuk melihat sejauh mana proses pemberian vaksin kepada warga. Pemberian vaksin juga dimaksudkan agar penularan penyakit kaki gajah ini tidak sampai meluas," katanya. 

Feri menjelaskan penyuntikan vaksin filariasis tidak akan diberikan kepada wanita yang tengah mengandung, terkena penyakit diabetes, epilepsi serta gangguan jantung. 

"Makanya sebelum penberian vaksin, dilakukan kontrol kesehatan terlebih dahulu. Setelah dianggap layak, vaksin baru disuntikkan. Jika ada gangguan, tidak akan diberikan karena bisa mengancam kesehatan penerima vaksin," ucapnya. 

Masih kata Feri, program pemberian vaksin merupakan program nasional dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes. "Program ini sudah berjalan tiga tahun. Diharapkan melalui program ini, tidak ada lagi warga yang terkena penyakit kaki gajah," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar