News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Minim Perhatian Pemerintah, Dua Warga Tinggalkan Rumahnya

Minim Perhatian Pemerintah, Dua Warga Tinggalkan Rumahnya

BATURAJA, TL - Diduga lantaran tidak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten OKU, Dua Warga Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU terpaksa harus meninggalkan rumahnya yang nyaris ambruk. 

Seperti tampak pada gambar, kondisi rumah sungguh sangat memprihatinkan dan hingga kini belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah atau Dinas terkait di Kabupaten OKU. Menurut warga sekitar, kejadian bermula ketika tahun lalu Kelurahan Kemalaraja mengalami kebanjiran dan beberapa daerah termasuk Kemalaraja juga mengalami longsor. Posisi rumah di tepi sungai tergerus oleh luapan air dan mengakibatkan beberapa bangunan di tepi sungai nyaris ambruk terbawa arus.

Takut peristiwa yang sama terjadi, dua orang warga penghuni rumah memilih untuk meninggalkan rumah tersebut lantaran takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

"Kejadiannya sebenarnya sudah lama. Mat Soleh Sendiri sudah sekitar tiga tahunan pindahnya. Kabarnya dia balik kampung ke Jawa. Kalau rumah sebelahnya milik Pak Asnawi. Rumah itu dikontrakkan dan yang ngontraknya juga sudah pindah mas" ujar Manto (36) warga sekitar kepada TOPLENSA.COM, siang tadi Selas (10/10/2017).

Dikatakan, kejadian tanah longsor di Kelurahan Kemalaraja sudah di samapikan Kepada Pemerintah Kabupaten OKU melalui Camat Baturaja Timur. Entah mengapa hingga saat ini belum ada tanggapan dari Pemerintah atau setidaknya upaya perbaikan juga belum dilakukan. Jika ini dibiarkan berlarut ditakutkan rumah yang menggantung itu akan amblas. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Takut agek kalu dibarkan lamo-lamo, rumah itu amblas ke sungai. Kita berharap Pemerintah Kabupaten OKU melalui instansi terkait dapat segera turun tangan guna menyaksikan secara langsung kejadian dilokasi. Kasihan warga tiap musim hujan selalu was-was" pungkasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum  dan Penataan Ruang Kabupaten OKU  H Helman ketika dikonfirmasi TOPLENSA.COM mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima laporan warga dan akan segera melakukan perbaikan dalam bentuk pembangunan talut.

"Kalau untuk pembangunan talut sudah masuk dalam kegiatan Dinas PU dan penataan Ruang Kabupten OKU. Hanya saja, lokasi pembangunan talut tersebut belum diketahui pasti. Apakah itu pembangunan talut di Kelurahan Kemalaraja atau bukan. Nanti kita pastikan dulu. Dan kalaupun tidak tentu pemerintah akan melihat lokasi mana yang lebih prioritas" tegas Helaman.


Editior : Jun Manurung




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar