News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Buah Dan Sayur Diperiksa Petugas. Ini Tujuannya

Buah Dan Sayur Diperiksa Petugas. Ini Tujuannya

BATURAJA-Pemerintah Kabupaten OKU melakukan pemeriksaan buah dan sayur. Di beberapa pedagang yang ada di Bumi Sebimbing Sekundang.

Buah dan sayur tersebut secara acak diambil oleh petugas.  Kemudian,  akan diuji
kandungan zat berbahaya.  Di Laboratorium Pusat Pengujian Mutu dan Promosi Hasil Pertanian di Cibubur Jakarta Timur.

Sayur dan buah yang diperiksa diantaranya cabai merah besar dan cabao hijau.  Sawi, teisin dan buncis. Kemudian melon, anggur, jeruk import dan pear hijau.

"Pemeriksaan tahun ini dua kali. Pertama di bulan Februari," kata Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan OKU, Takwin SE.

Adanya pengujian itu, jelas dia, dapat diketahui apakah sayur dan buah yang dijajakan layak atau tidak untuk dikonsumsi. Terlebih Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).  Beresiko tinggi mengandung residu pestisida, mikotoksin dan logam berat."Bahan -bahan ini sangat mengganggu kesehatan, jika dikonsumsi, " tegasnya.

Pemeriksaan lanjutnya,  dilakukan untuk mendukung dan mensukseskan program Bupati OKU.  Dalam menciptakan masyarakat sehat, bergizi.  Serta terjamin dari pencemaran kimia atau biologi. Sehingga aman dan layak konsumsi. "Hasil pemeriksaan Februari lalu, buah dan sayur aman dikonsumsi," ungkapnya.

Dirinya menyarankan, sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah dan sayur, harus dibersihkan dengan air.  Atau dikupas kulit luar. Karena, kebanyakan masyarakat memakan buah tanpa dikupas. Khususnya untuk apel atau pear.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar