News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pertamina Berbagi Pengetahuan di Unsri

Pertamina Berbagi Pengetahuan di Unsri

PALEMBANG, TL -  PT Pertamina mengajak jajaran Universitas untuk mengembangkan riset di dunia perminyakan, khususnya di Sumsel dalam rangka membangun ketahanan energi nasional. Hal ini sejalan dengan cita-cita Provinsi Sumatera Selatan menjadikan bumi Sriwijaya sebagai lumbung energi nasional. Pertamina berharap, para mahasiswa khususnya dari jurusan teknik perminyakan dan jurusan terkait lainnya dapat menggali dan memanfaatkan peluang kerja sama yang telah dibangun industri migas.
Harapan tersebut dilontarkan oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) yang diwakili oleh SVP Development & Technology PT Pertamina (Persero) Amran Anwar dalam sambutannya pada acara talk show “Pertamina Berbagi Pengetahuan dengan Universitas dalam Rangka Membangun Ketahanan Energi Nasional yang berlangsung”, Senin (18/9) di Gedung Serbaguna Pascasarjana Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang.

“Dalam dekade belakangan ini dimana kebutuhan akan BBM dan sumber energi tak terbarukan semakin menipis dan sulit ditemukan, sementara kebutuhan dalam negeri jauh lebih besar seakan berbanding terbalik dengan produksi nasional,” terangnya.

Amran Anwar berharap melalui talk show selama dua hari ini para mahasiswa dapat memadukan keilmuan yang didapat di kampus sambil bereksperimen, mengembangkan riset dan teknologi perminyakan dengan para pembimbing semisal melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan migas.

“Pertamina pun sangat terbuka jika adik-adik mahasiswa punya ide brilian, melakulan simulasi dalam mencari teori terbarukan di bidang industri migas,” harapnya.

Menanggapi keinginan tersebut Wakil Rektor IV Unsri Palembang  Dr. Ir. Ahmad Muslim, M menyambut baik keinginan Pertamina untuk menjalin kerja sama, mengembangkan riset bidang perminyakan. “Para mahasiswa Fakultas Teknik Unsri dari berbagai program studi bertahap telah melakukan OJT (on the job training) dan kajian ke berbagai perusahaan migas guna memperdalam dan mencari teknologi baru pengembangan riset perminyakan. Dengan digelarnya workshop ini semakin memperkuat harapan generasi muda migas di Sumsel untuk membangun kerjasama yang lebih baik lagi,” sambungnya.

Apalagi dalam talk show yang dikemas dalam bentuk diskusi ini banyak mengilhami para mahasiswa untuk bertanya dan menggali pengetahuan perminyakan. Digelar juga pameran migas dan simulasi yang dipandu rekan-rekan dari UTC PT Pertamina (Persero) dan Geothermal Energy ini semakin menyemangati para mahasiswa untuk menekuni dunia migas seperti bidang Reservoir, Geologi, Geofisika termasuk penerapan teknologi EOR guna mendapatkan hasil hidrokarbon yang lebih optimal.

Talk show mengangkat materi “Tantangan Kedepan Sektor Hulu Migas dan Geothermal” disampaikan oleh SVP Development & Technology PT Pertamina (Persero), SVP Strategic Planning & Operation Evaluation PT Pertamina (Persero), Manajemen PT Pertamina Geothermal Energy dan Wakil Rektor IV Universitas Sriwijaya Palembang. Materi lain yang disampaikan juga oleh tim dari UTC yang memaparkan konsep Enhanced Oil Recovery (EOR), Drilling Operation, New Energy Green Technology serta Data & Geomatika.

Talk show juga dihadiri oleh Vice President UTC (Upstream Technology Center) Pertamina Sri Budiyani, General Manager PT Pertamina EP Asset 2 Ekariza serta 335 peserta dari berbagai universitas se-Kota Palembang yang memiliki jurusan teknik dan Mipa seperti Universitas IBA, Tridinanti, Polsri, Muhamadiyah, Taman Siswa, Bina dharma, Poltek Akamigas dan lainnya dengan didampingi rektor, dekan dan dosen dari tiap perguruan tinggi. Para peserta yang hadir juga mendapatkan sertifikat dari panitia penyelenggara.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar