News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

2018, Pemkab OKUT Terapkan Pembayaran Non Tunai

2018, Pemkab OKUT Terapkan Pembayaran Non Tunai



MARTAPURA  -  Pemkab OKU Timur tahun ini mulai menerapkan secara bertahap proses pembayaran secara non tunai untuk segala aktifitas pembiayaan. Hal ini terungkap dalam rapat yang dipimpin Sekda OKU Timur, Drs Ihdmato, Rabu (31/1/2018).

Idahmto mengatakan, pemerintah malalui kementerian dalam negeri telah menerbitkan surat edaran nomor 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah kabupaten/ kota. Pelaksanaan transaksi non tunai pada pemerintahan daerah dilaksanakan paling lambat tanggal 1 januari 2018 dengan meliputi seluruh transaksi diantaranya, penerimaan daerah yang dilakukan oleh bendahara penerimaan/bendahara penerimaan pembantu dan pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara pengeluaran/ bendahara pengeluaran pembantu. 

"Perubahan ini tentu ada tantangan, untuk itu perlu komitmen bersama, diantaranya komitmen regulasi, SDM, sistem informasi terintrgrasi, dan koordinasi dengan perbankan dan pengawasan pelaksanaannya. Dengan terselengaranya kegiatan ini diharapkan seluruh OPD dilingkungan Pemkab OKU Timur dapat melaksanakan transaksi non tunai dalam pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Selama ini, Sambung Idhamto, kendala pembayaran non tunai ini yakni kurangnya  tempat-tempat penarikan uang kas khususnya disejumlah wilayah di OKU Timur seperti jalur komering yang belum ada satupun mesin ATM. “Nantinya, transaksi non tunai dilakukan secara bertahap,” katanya.
Kepala BPKAD OKU Timur, Jumadi menerangkan bahwa Pemkab OKU Timur sejak satu Januari lalu sudah melaksanakan gerakan transaksi non tunai secara bertahap. "Tahapan jenis transaksi non tunai sudah berjalan, salah satunya adalah pembayaran gaji pegawai dan lain-lain. Diatas 5 juta seluruh transaksi sudah kita berlakukan. Namun, masih dipilah seiring kesiapan infrastruktur dari pihak perbankan Bank SumselBabel," terangnya.

Sementara, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura, Muhammad Tobi menambahkan, pihaknya siap memberikan bimbingan dalam menjalankan transaksi non tunai ini. Serta dalam waktu dekat untuk wilayah dijalur komering akan segera di buka ATM, tinggal menunggu proses pemasangan. 

“Tentunya, sarana dan prasarana untuk mendukung gerakan non tunai ini harus dilakukan. Untuk mesin ATM nantinya akan kami pasang di beberapa titik,” pungkasnya. (lay)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar