News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Arak dan Bakar Ogoh-Ogoh

Arak dan Bakar Ogoh-Ogoh


ARAK: Ratusan umat Hindu di OKU melakukan pengarakan ogoh-ogoh dalam perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1940
LUBUK BATANG,TL - Hari raya Nyepi tahun baru Saka 1940, dinilai umat Hindu di kabupaten OKU sangat istimewa. Pasalnya hari raya yang jatuh pada 17 Maret ini, bertepatan dengan hari raya Saraswati. "Ini momen langka yang jarang terjadi, " ungkap Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) OKU, Wayan Sandia, Sabtu (17/3/2018).
Momen itu, sambung Wayan, belum tentu terjadi dalam jangka waktu 100 tahun sekali. Sehingga setiap prosesi yang dilakukan sangat bermakna dan dilakukan dengan khidmat. "Di hari Sarawasti kami memohon kepada Dewa Ganesha, agar diberi ilmu pengetahuan, " katanya.
Perayaan hari raya Saraswati, kata Wayan, dilakukan dengan mengajak seluruh umat Hindu di OKU melakukan pemujaan. Prosesi pemujaan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret pukul 00.00 hingga pukul 06.00. Kemudian dari pukul 06.00 dilanjutkan dengan Nyepi sampai tanggal 18 maret pukul 00.00. "Selama Nyepi melaksanakan Catur Bhrata penyepian," terangnya.
Dalam Catur Bhrata penyepian, umat Hindu melaksanakan empat pantangan yakni tidak boleh melakukan kegiatan, tidak boleh keluar rumah, tidak boleh mencari hiburan, dan tidak boleh menyalakan api. Di hari raya Nyepi ini, dirinya berharap hidup lebih baik untuk seluruh manusia kedepannya, dan OKU terus kondusif.
"Kondusif seperti saat ini dan kedepannya. Serta rasa saling menghargai yang tetap terjaga, " harapnya.
Sebelum melaksaan puja di hari raya Saraswati dan Nyepi, umat Hindu di OKU menggelar Tawur Kesanga. Yang ditandai dengan pengarakan ogoh-ogoh dan membakarnya di perempatan agung. Di Bumi Sebimbing Sekundang, pawai ogoh-ogoh dilakukan di empat desa adat. Yakni di desa Markisa kecamatan Lubuk Batang, desa Guna Makmur kecamatan Semidang Aji, kemudian desa Penilikam dan Makarti jaya kecamatan Peninjauan. (fy)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar